Minggu, 05 Mei 2013

Wujudkan Pradaban Lewat Pendidikan



              Segala piji hanyalah milik Allah yang maha kuasa, dimana Dia telah memberika kepada kita anugrah kenikmatan yang tiada batasnya, berupa limpahan rahmay-Nya. Sholawat serta salam senantiaasa tercurahkan kepada pangkuan nabi kita Muhammad SAW, yang telah menyampaikan kepada kita kabar gembira dan peringatan. Sehingga kita selalu berada dalam jalan yang bernar yaiutu di jalam islam rahmatal lil’alamin.
            Sebuah lembaga atau organisasi tentunya meiliki visi misi yang berbeda beda begitu juga dalam metoden dan budaya organisasi itu dalam menjlani roda proses yang telah mereka sepakati bersama. Kendati demikian dalam negara kita tercinta Indonesia ini, telah banyak terdapat organisasi organisasi yang eksis dan berlomba lomba dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan berusaha dan memerikan sulusi terhadap berbagai problematika masyaraka terlebih masyarak bangsa ini. Dari berbagai oraganisasi yang terdapat di negara ini, jika kita melihat sebagaimana sebuah negara maka dapat dikatan organisasi ini sebuah negara dalam negara. Dikarenakan secara struktural kepemimpinan telah terpenuhi, yaitu wilayah, masyarakat dan aturan atau norma norma yang ada di dalamnya.
            Dimana dalam internal organisasi tersebut terdapat pola pendidikan yang mereka ciptakan sendiri, juga tidak ketinggalan ekonomi dan politik yang mereka miliki yang berdasarkan manhaj yang telah mereka sepakati bersama. Sebuah lembaga pendidkan contohnya, ini adalah sebuah lembaga yang disemua oraganisasi meimilki lembaga pendidikan ini walaupun bagian unit terkecil dalam organisasi tersebut. Karena yang namanya pendidikan ini merupakan sanagat sentral sekali dalam perkembangan oraganisasi, berlanjutnya oraganisasi dan tidak dipungkiri juga termasuk sebuah negara.
            Tanpa adanya lembaga pendidikan maka seudah menjadi dipastikan lembaga itu akan hanjur dan tidak akan dapat eksis dalam rentang waktu lama, begit u juga dengan sebuah negara tanpa ada lembaga pendidikan di dalamnya maka juga dapat dipastikan pula negara itu akan dibodohi dan dijajah oleh negara negara lain. Namun dalam melihat begitu banyaknya lembaga lembaga pendidikan di negara kita indonesia ini, baik itu negeri dan swasta tentunya akan menjadikan negara ini dan lembaga organisasi yang memilki lembaga atau unit pendidikan didalanya tetunya akan menjadikan orang orang di dalamnya akan semakin beradap atau memiliki tatananan hidup yang baik dan buadaya serta nilai nilai yang berada dalam kehidupan mereka tentunya suatu hala yang positip dan semakin tunduk kepada Allah SWT.
            Yang perlu kita garis bahawahi adalah bagaimana mewujudkan peradaban islam lewat lembaga pendidikan sehingga terbentuk tatanan hidup yang berpolakan atas ilmu pengetahuan dan didasari dengan tau bbukan dengan ikut ikutan. Yang menjadi pembahasan kita dalam hal ini adalah dapatkan kita wujudkan peradaban islam itu melalui pendidikan, terlebih lewat pendidikan lembaga Pondok Pesantren Hidayatullah.
            Jika kita kebalai mereviu sejarah terwujudnya peradaban islam di madinah munawarrah. Tentunya bukan suatu hal yang terjadi secara tiba tiba namun adanya proses disana. Dimana adanya seorang pemimpin yang merupakan sebgai figur atau tauladan kepada masyarakatnya yaitu Rasulullah pada saat itu, namun bagaimana dengan kita saat ini ?. Memang lembaga pendidikan pada masa itu tidak sebanyak yang ada saat ini namun, pendidkan yang akan disamapaikan itu dapat tersampaikan dengan tepat dan benar walaupun juga metode yang dimilki olah Nabi tidak seperti beragam metode saat ini tetapi ilmu dan adap dapat terajarkan dengan abaik dan menar kepada masyarakatanya saat itu. Dengan melihat fenomena pada saat itu sudah menjadi jaminan maka untuk mewujudkan sebuah peradaban islam seperti yang dahulu harus melalui pendidikan yang benar dan tepat dimana indikator dari benarnya pendidikan itu dapat dilihat dari Akhlaq dan Taqwa peserta didik yang di hasilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar